warnahost.com

Puisi: Aku Tetap Bangga Indonesiaku



Pagi masih menawarkan dinginnya dan mataku belum terpejam sejak semalam
Tiba-tiba saja aku teringat jika hari ini tanggal 17 Agustus
Tanggal dimana Soekarna atas nama bangsa menyatakan jika Indonesia telah merdeka
Sebuah bangsa bernama Indonesia mengukir sejarah kala itu

Apa lagi yang harus kutulis untuk Indonesiaku yang kini berusia 67 tahun?
Apakah aku harus menangisinya atas semua yang sedang terjadi
Mendera dan pernah ada jeda untuk sekedar memperbaiki yang telah banyak hancur
Namun begitu banyak Tanya yang masih tak terjawab dan aku hanya mengingat satu dari sekian banyak tanya itu
Apakah Indonesia telah benar-benar merdeka?
Aku bingung menjawabnya….. ketika kujawab “iya”, namun yang nyata tak demikian
Aku masih melihat banyak di jalan yang membantah jawabku

Beginikah gambaran bangsa yang telah merdeka selama bertahun-tahun?
Kini, aku hanya membanggakan satu dari Indonesia….
Merah Putihnya.
Hanya itu dan tak ada yang lain

Aku tetap bangga pada merah putihmu Indonesiaku


Dirgahayu Indonesia yang ke-67

Bulukumba, 17 Agustus 2012 

Related Posts

Komentar: