Roemah Langit, Gowa Sulawesi Selatan adalah sebuah komunitas yang terletak di Dusun Bonto Kura, Desa Bonto Tanga, Kecamatan Bonto Lempangan, Gowa Sulawesi Selatan. Desa yang sangat indah. Bukit-bukit berjejer rapi dan hamparan persawahan yang tertata rapi menyelimuti perbukitannya.

Di sanalah sebuah Komunitas berdiri, membangunkan rumah bagi anak-anak untuk belajar alternatif selain sekolah formal. Uniknya, desa ini tidak banyak dikenali oleh orang di Gowa apalagi sulawesi selatan.

Saat berkunjung untuk melakukan "kelas menulis" bersama Ian Konjo, 27-28 Agustus 2016, kami melihat bahwa jarak desa itu ke Malakaji adalah 20-an KM dan ke arah Makassar sekitar 90-an KM.

Roemah Menulis yang dikelola oleh seorang gadis bernama Bunda Lina, alumni FEIS UNM Makassar ini seolah menjadi malaikat yang membawa cahaya di tangannya. Kegelisahan Lina dengan Roemah Langitnya berawal dari kegelisahannya atas fenomena putus sekolah anak di sana, menikah dini, dan hal-hal lain yang berkenaan dengan pengembangan diri anak pedalaman.

Roemah Langit memiliki anggota tetap sebanyak 118 orang yang bisanya diajar menari, berpuisi, dan bermusik di rumahnya atau di perbukitan sekitar kampungnya.

Kampung yang indah. Dari sana akan terlihat Gunung Lompo Battang yang tinggi dan hijau menjulang. Awan berarak bagaikan bunga-bunga ragam warna yang harum. Saat ini Bunda Lina sedang merintis Pustaka Rumah Langit untuk membuka wawasan anak-anak di desanya agar dapat membaca buku dan mengenali dunia lebih luas.....

Mereka sangat membutuhkan sumbangan buku bacaan untuk semua usia...... mereka ingin membaca tapi, mereka tidak memiliki buku. mari membantu mereka.


Add FB: Roemah Langit
No Telp. 085 2421 86106

Sebuah catatan Andhika Daeng Mammangka

Di bawah in ada dua video yag kami buat sewaktu berkunjung ke Roemah Langit.

Ini judulnya Puisi Roemah Langit yang dibacakan oleh Sitti Noer Awaliyah.


Yang kedua ini, judulnya Surat Cinta dari Rumah Langit yang dibacakan oleh Rezki. Video ini juga sedang diikutkan lomba. Semoga menang. Amin ya Rabb!

Bagikan ke

0 Komentar