Dua hari yang lalu, saat menghadiri pesta pernikahan teman saya. Saya bertemu dengan salah seorang pegiat seni. Katanya, dia belajar semua itu secara otodidak. Pokoknya banyak hal yang dia ketahui tentang budaya-budaya Makassar. Bisa dikatakan, dia itu salah satu budayawan sul-sel. Dia biasa dipanggil Daeng Tutu.


Dari kiri: Kifli, Tiar Jimbe, Daeng Tutu, Aku, dan Sultan

Banyak hal yang kami bicarakan. Salah satunya menyangkut budaya orang-orang dulu di sul-sel khususnya budaya orang Makassar. Ada yang namanya "Baju Bodo". Baju bodo ini adalah baju adat Bugis-Makassar yang dikenakan oleh perempuan-perempuan Bugis-Makassar jaman dulu. Kalau sekarang ini, Baju Bodo sering dipakai oleh penari lokal di Sul-Sel. Baju Bodo ini mempunyai pasangan yang dinamakan Lipa' Sabbe.

Dinamakan Baju Bodo atau baju pendek karena panjangnya hanya mencapai sedikit di bawah pinggang. Sedangkan Lipa' Sabbe adalah sarung sutra, biasanya bercorak kotak dan dipakai sebagai bawahan Baju Bodo tadi.

Menurutnya, sekarang adat dan budaya lokal di Sul-Sel ini sudah banyak yang kehilangan substansinya. Salah satunya yang saya sebutkan tadi. Katanya, dulu ada peraturan mengenai pemakaian Baju Bodo. Karena memiliki banyak ragam warna, maka yang memakainya pun tidak sembarang orang. Masing-masing warna tersebut menunjukkan tingkat usia perempuan yang mengenakannya.

Yang pertama, jingga yang dipakai oleh perempuan yang masih terbilang anak-anak. Warna merah biasanya dipakai oleh gadis-gadis. Warna merah tua dipakai oleh perempuan yang sudah bersuami. Untuk warna putih, biasa digunakan oleh para inang dan para dukun. Kalau yang berwarna hijau, itu diperuntukkan bagi putri bangsawan. Baju bodo warna hitam umumnya dipakai oleh perempuan berusia 50 tahun ke atas. Sedangkan, warna ungu dipakai oleh perempuan yang sudah menjanda.

Kira-kira itulah salah satu yang kami perbincangkan siang itu bersama beberapa orang teman.

Eh, hampir lupa. Saya ingin mengucapkan selamat berbahagia kepada kedua mempelai (Bhaim & Jum). Semoga menjadi keluarga yang sakinah ma waddah wa rahmah. Amin ya Rabb!!!

Ni dia fotonya....


~~~ Sedikit Catatan ~~~

Bagikan ke

12 Komentar

Ternyata setiap warna dari baju Bodo mewakili tingkatan tersendiri ya, ga sembarangan pakai....
trims infonya mas!

Iya, jadi dari baju bodo yang dipakai oleh perempuan dulu itu menandakan posisinya.....

Sama-sama mbak....

pernah dengar :D
klo bangsawan nikahnya pakai baju bodo warna hijau :D

sekarang klo mo nikah bisa pilih warna favorit, semuanya tersedia, ga lagi memegang aturan itu ya :D

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Wooow bisa bertemu dengan salah satu budayawan yang dari Sul-Sel..
Pingin kesana deh jadinya :D

Kok gak ada dicantumkan Jika baju Bodo x warna BIRU????

Yupz, walaupun banyak yg tidak lagi memperhatikan yang seperti ini, tapi sebagian orang tetap berpegang pada adat dulu... Dan ini yang harus tetap diperhatikan sebagai generasi yang bisa tetap menjaga adat dan kebudayaan lokal....

Hehe... Silahkan jalan-jalan ke Makassar. Dijamin tidak bakalan kecewa. Hehhee....

Mang ada ya yang berwarna biru? Setahu saya sih tidak ada.... Hehe

Makasih telah berkunjung n motivasinya. Segera dikunjungi...!!!