Ayah & Ibuku tersayang
Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia


Ah, ternyata hari kemarin adalah hari ibu. Saya sampai-sampai lupa karena kerjaan yang sangat banyak. Untung saja salah seorang teman memberikan ucapan itu melalui pesan singkat. Daripada menceritakan bagaimana saya lupa hari yang mungkin menurut sebagian orang adalah hari yang patut kita peringati sebagai salah satu bakti kepada IBU yang telah melahirkan kita, marilah kita sama-sama memaknai seperti apa hari ibu sebenarnya. Tentu saja menurut versi kita masing-masing.

Hari ibu. Apa yang menurut Anda menarik dari kata ini? Yah, semua pasti memilih kata itu adalah kata “IBU”. Mungkin ada juga yang tidak kali ya…‼! Heheehehe.

Kembali ke hari ibu. Saya yakin kalau semua orang pasti tahu teks lagu di awal tulisan ini. Memang, kasih sayang ibu tak tehingga hingga akhir hayatnya. Karena inilah, seperti yang tadi saya katakan bahwa hari ibu itu sepatutnya kita peringati, jadilah anak yang mampu membalas budi ibu kita. Anggaplah sebagai bakti kita kepada ibu yang telah bersusah payah menghadirkan kita ke dunia ini. Wujud bakti itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mungkin salah satunya dengan memperingati hari ini. Apalagi bukti balas jasa kita kepada ibu yang berjuang mulai dari saat mengandung sampai melahirkan kita. Bukan hanya itu, sampai kita dewasa pun ibu memiliki peran yang sangat besar. Mendidik dan menyekolahkan kita hingga menjadi orang yang berguna. Bukan hanya berguna untuk keluarga, tetapi juga untuk bangsa dan negara tercinta ini. Meski harta sebanyak apapun tak mampu membalas segala kebaikan ibu, tapi setidaknya kita menunjukkan balas budi itu lewat sikap dan perlakuan kita terhadapnya.

Surga itu ada di telapak kaki ibu. Ini membuktikan jika ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Berbakti kepada ibu tentu saja dilakukan bukan hanya pada hari ibu saja. Tetapi sebaiknya harus dilakukan setiap hari. Karena itu, mari kita memeluk ibu kita dan meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah kita perbuat serta memohon untuk dimaafkan semua perlakuan kita yang menyakiti hatinya. Marilah kita untuk selalu mendoakan ibu kita agar di beri kesehatan. Agar ibu kita diberi keselamatan di dunia dan di akhirat. Allahummagfirli wali walidayya war hamhumaa kamaa rabbayani sagira. Amin ya Rabb!

Ibuku adalah yang terbaik buatku. Selamat hari ibu.
Semoga kita termasuk orang-orang yang berbakti kepada ibu. Amin!

Bagikan ke

5 Komentar

Saya saat ini sedang hamil dan sekarang baru merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ibu, tiap hari melihat pertumbuhan perut saya dan terkadang merasakan dorongan buah hati menjadikan saya semakin hormat kepada Ibu saya dulu yang telah melahirkan aku kedunia.

@kalender kehamilan Ibu adalah orang pertama yang paling berjasa dalam kehidupan kita mulai dari kandungan.... Semoga bayinya kelak lahir dengan sehat agar bisa menjadi anak yang shaleh dan shaleha. Agar bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya... Amin ya Rabb!